Kulit cantik berawal dari pilihan sabun yang tepat

Kulit cantik berawal dari pilihan sabun yang tepat

Setiap hari Anda menggunakan sabun mandi untuk menjaga kulit tetap bersih. Sebetulnya, sabun punya manfaat lain, lho. Sabun juga bisa membuat kulit cantik, bersinar, dan mencegah berbagai masalah pada jaringan kulit. Dengan begitu banyak jenis dan merek sabun di pasaran, sabun seperti apa yang terbaik bagi kulit Anda?

Jika Anda terbiasa menggunakan sabun batangan, coba cek lagi. Sabun jenis ini sebenarnya masih boleh Anda manfaatkan, jika kulit Anda memiliki pH netral. Sabun dengan pH tinggi bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Yang harus Anda waspadai, sabun batangan sering digunakan secara bergantian dan berpotensi menjadi media penyebaran kuman.

Sabun cair memang lebih praktis dan higienis dibandingkan sabun batangan. Namun, Anda harus menyesuaikan penggunaannya dengan kondisi kulit. Ini panduannya:

  1. Kulit berminyak

Semua jenis kulit memproduksi minyak, namun pada setiap orang jumlahnya bervariasi. Bagi Anda yang memiliki kulit jenis ini, kelenjar minyak Anda bekerja lebih keras, sehingga berisiko menimbulkan jerawat. Inilah alasan kenapa Anda harus sering mencuci wajah dan memilih sabun yang mengandung charcoal, niacinamide, hyaluronic acid, dan gliserin. Sabun jenis ini akan melembutkan kulit dan membersihkan minyak, sehingga mengurangi risiko kerusakan pada jaringan kulit.

  1. Kulit kering

Sebum atau minyak pada kulit berperan penting, namun jumlahnya tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit. Jika kandungan sebum di bawah rata-rata, berarti kulit Anda memiliki kategori kulit kering. Pastikan sabun Anda memiliki moisturizer, terutama yang mengandung gliserin dan minyak zaitun. Zat ini memiliki pelembut serta menyerap air di udara. Hasilnya, kulit Anda akan tetap lembut dalam waktu lama. Sabun dengan, lidah buaya, minyak kelapa, dan minyak zaitun juga baik untuk pemilik kulit kering.

  1. Kulit sensitif

Anda beruntung. Di pasaran terdapat banyak pilihan untuk pemilik kulit jenis ini. Pastikan sabun yang Anda pilih tidak mengandung pewarna dan parfum tapi memiliki level pH yang seimbang

  1. Kulit normal

Kulit jenis ini tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Karena itu, sabun untuk kedua jenis kulit itu tidak cocok bagi Anda. Cobalah sabun herbal atau sabun natural untuk mendapatkan kulit yang bersih dan lembut.

Nah, dengan jurus memilih sabun ini, kulit Anda semakin sehat dan bebas dari masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *